Mengurus Akta Kelahiran Anak di Masa Pandemi Menggunakan Aplikasi

Akta Kelahiran merupakan dokumen penting yang harus dimiliki ketika bayi kita lahir. Akta kelahiran juga menjadi dokumen resmi dari negara sebagai bukti bahwa bayi tersebut sah secara hukum menjadi tanggung jawab kita.

Dalam mengurus Akta Kelahiran, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian agar penerbitan dokumen tersebut berjalan dengan baik dan tidak ada kesalahan. Dalam Artikel ini penulis akan berbagi pengalaman dalam membuat akta kelahiran bayi ;

Mengurus Akta Kelahiran Sesuai KTP Orang TUA

Akta Kelahiran hanya bisa di urus seusuai dengan KTP Orang Tua. Jika Bayi Lahir di Kota A namun KTP Orang TUA ada di kota B maka pengurusan dokumen hanya bisa dilakukan di kota B.

Hal ini akan sering terjadi bagi orang tua yang baru saja pindah rumah/kontrakan, dimana ketika sebelum hamil atau saat hamil si orang tua berada di kota A namun ketika bayi lahir orang tuanya telah pindah ke kota B.

Selain itu, pengurusan Akta Kelahiran juga sering terkendala ketika orang tua belum melapor diri ke RT setempat untuk mengurus KTP baru dengan alamat Baru.

Sebaiknya ketika pindah rumah usahakan melapor ke RT setempat untuk pembuatan KTP baru, atau jika enggan mengurus KTP baru karena lama menunggu blanko, setidaknya jangan pindah terlalu jauh dari alamat KTP ketika hari perkiraan lahir (HPL)  sudah dekat.

Mencari Informasi

Carilah informasi sebanyak mungkin ketika akan mengurus Akta kelahiran. Tanyalah orang yang telah berpengalaman dan bacalah berbagai informasi yang ada di buku atau di internet.

Penting juga untuk mengetahui apakah kota Anda telah menggunaan aplikasi atau masih manual dalam pencatatan berkas  kependudukan.

Ketika anak penulis lahir, penulis mengurus Akta Kelahiran di kota Bekasi. Saat itu kota Bekasi telah menggunakan Sistem Aplikasi untuk persoalan kependudukan. Aplikasi tersebut bernama e-Open dan setiap kota memiliki nama aplikasi yang berbeda-beda. 

Jika anda tinggal di Jakarta, maka aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Alpukat. Sedang jika Anda tinggal di Kota Bandung, Anda bisa menggunakan aplikasi Pemuda.

Mendowonload Aplikasi

Download Aplikasi sesuai daerah anda, sediakan sedikit ruang untuk pemasangan aplikasi baru di ponsel Anda. Beberapa aplikasi pencatatan kependudukan tidak membutuhkan memori banyak, namun bagi anda yang memiliki RAM memori hp kecil sebaiknya anda menghapus aplikasi lain yang jarang digunakan.

Input Data

Setelah mengumpulkan informasi, anda bisa memasukkan data yang ada dalam berkas tersebut ke dalam aplikasi. Perhatikan setiap hurufnya secara cermat agar tidak terjadi kesalahan dan kendala ketika mengirm data ke petugas.

Beberapa Berkas Penting mengurus Akta Kelahiran

Ketika penulis membuka aplikasi e-Open kota Bekasi, maka perintah pertama adalah penulis harus mendownload berkas f201 yang merupakan formulir tentang kelahiran dan penambahan anggota keluarga. (Setiap wilayah memiliki kode berbeda dalam memberikan penomoran berkas/formulir.)

Berkas F201 tersebut mewajibkan penulis untuk mengisi data berikut : 1. FC KTP. 2.  FC Kartu keluarga. 3. Surat keterangan lahir dari Dokter/ Bidan, 4. FC Buku Nikah. dan 5. formulis F201 tersebut.


Mencari Contack Person

Langkah penting dalam mengurus akta kelahiran adalah mencari contack person untuk memantu Anda dalam mengisi dan melengkapi setiap argumen yang dibutuhkan. Meskipun beberpa kota telah menggunakan aplikasi, namun tidak jarang aplikasi tersebut mengalami error system. Maka anda harus menghubungi pihak trkait untuk membantu anda.

Contack person tersebut bisa anda dapatkan di halaman website disdukcapi, atau di aplikasi dengan cara mengetik tombol bantuan. 

Saat penulis mengupload beberapaa berkas penting di aplikasi e-Open terjadi beberapa kendala karena berkas yang diupload tidak terekam aplikasi. Maka jalan satu satunya yang penulis ambil adalah meminta bantuan aplikasi. Pihak aplikasi akan menanyakan keluhan Anda dan memberikan informasi contak person sesuai kelurahan Anda.

Penulis pun mengubungi saah satu petugas kelurahan Jatiwaringanuntuk membantu mengupload berkas. Berikut percakapan penulis dengan Pihak kelurahan ;







Berapa lama Proses perekaman Akta Kelahiran?

Setelah berkonsultasi dengan pihak kelurahan dan anda berhasil mengupload semua data yang diwajibkan, maka anda perlu menunggu kurang lebih 10 hari kerja. Ketika Akta tersebut telah terbit, pihak kelurahan akan mengubungi anda untuk pengambilan Akta Kelahiran.



Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post