5 Cara Ampuh Hilangkan Writerblock



Menulis adalah kegiatan mengubah ide atau gagasan menjadi nyata dalam bentuk karya tulis, seperti;  artikel, cerpen, puisi, essay, novel, makalah , skirpsi, tesis ataupun disertasi.

Kegiatan menulis juga merupakan hal menyenangkan karena Anda bisa melepaskan/menuangkan buah pikiran  menjadi karya yang dibaca oleh orang lain.

Seorang yang ingin menulis harus memilki daya kreatiitas dan kepekaan yang tinggi. Hal ini diperlukan agar hasil tulisannya terasa lebih bermakna. Namun, ada kalanya seorang penulis mengalami kebuntuan atau kita kenal dengan istilah Writer Blok.

Bagaimana cara Ampuh menghilangkannya? Berikut penjelasANnya :

5 Cara Ampuh hilangkan writerblok :

Pertama, Lakukan Persiapan

Jika Anda ingin menulis sebaiknya lakukan persiapan mulai dari perlengkapan dan kondisi yang membuat anda nyaman untuk menulis. Perlengkapan yang baik akan mendukung semangat Anda untuk menulis. Sedangkan kondisi yang nyeman akan membantu anda tetap fokus menghasilkan karya terbaik.

Kedua, Reboot Mood

Rasanya sulit menulis bila mood lagi berantakan. Setiap ide yang pernah muncul dipikiran akan enggan muncul kembali jika anda belum refresh pikiran. Mood yang buruk bahkan membuat anda tidak mampu menulis satu kalimat atau bahkan satu prasa.

Sebaiknya kondisikan mood anda dalam keadaan baik. Reboot mood Anda menjadi bahagia, sehingga Anda bisa menuangkan ide-ide Anda yang brilian. Carilah berbagai kegiatan untuk mengubah mood anda seperi; mendengar musik, nonton video/film, atau cara paling ampuh yaitu membaca buku.

Ketiga, Seringlah Membaca

Tidak bisa dipungkiri lagi untuk menuangkan ide ke dalam tulisan, maka Anda wajib mencari dan mengumpulkan ide. Seperti halnya galon ketika menungkan air ke dalam gelas tentu galon tersebut harus berisi air terlebih dahulu.  

Perbanyaklah membaca untuk mendapatkan ide. Jangan lupa untuk memperkaya bahan bacaan agar cakrawala anda lebih terbuka dan hasil tuisan Anda lebih berbobot. 

Keempat, Fokus Menulis

Jika anda sudah melakukan persiapan, mood yang bagus, bahan bacaan yang banyak maka langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah fokus. Jauhi segala benda yang membuat anda tidak fokus menulis terutama notifikasi dari smartphone.

Kelima, Berdoa

Anda bisa menaruh doa sebelum, sesudah atau disaat anda sedang menulis. Doa menjadi senjata ampuh pada sang pencipta agar anda diberi ilham dan kelancaran berkarya.

Percayalah penyebab utama writerblock adalah karenakan tidak berdoa. Anda tidak memohon kepada pemilik pengetahuan agar anda dipermudah untuk menulis.

So.. itu dia teman-teman 5 cara ampuh menghilangkan writerblock, semoga bermanfaat ya..  


Post a Comment

Previous Post Next Post

Featured post